5 kebiasaan Baik tiap Pagi bisa jadi Kunci Sukses

0 Komentar

Pada pagi hari mungkin kamu sering bertanya-tanya apa yang akan kamu lakukan setelah bangun tidur atau aktivitas apa yang akan dikerjakan hari ini. Pada umumnya orang-orang bangun, berganti pakaian lalu menyiapkan semua kebutuhan aktivitasnya.

Orang-orang sukses memiliki rutinitas unik setiap pagi. Rutinitas dan kebiasaan ini yang membuat mereka segar dan mempunyai semangat dalam menjalani tantangan setiap harinya.

Riset menunjukkan bahwa aktivitas apa yang dilakukan pada 90 menit pertama setelah bangun pagi sangat penting. Saat itulah energi dan semangat seseorang sangat besar. Nyatanya kebiasaan setiap pagi berpengaruh pada aktivitas sepanjang hari.

Meskipun beberapa orang mungkin menganggap dan memilih bahwa malam hari lebih baik dan otak lebih aktif, namun penelitian menunjukkan bahwa di pagi hari lah pikiran lebih fokus dan aktif. Untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kreatif dan produktivitas kita harus sejalan dengan ritme alami tubuh.

Ketika kita fokus pada satu tugas penting untuk diatasi setiap hari, kita dapat memanfaatkan puncak energi, semangat pagi kita untuk melakukannya. Inilah yang perlu kamu ketahui untuk menyelesaikan lebih banyak pada waktu yang tepat. Berikut 5 Kebiasaan baik tiap pagi ini bisa jadi kunci sukses.

1. Membaca selama 10 menit

Membaca adalah kebiasaan yang paling penting dilakukan orang-orang sukses. Walaupun tidak ada batasan seberapa lama harus membaca, namun kebiasaan membaca minimal 10 menit setiap pagi dapat membantu perjalanan kesuksesan. Sebab, kebiasaan itu membuat terbukanya pandangan dan penambahan ilmu serta pemikiran yang luas.

2. Mengasah kreativitas otak


Kreativitas sangat berhubungan dengan dunia seni. Hal ini sudah dimiliki setiap orang sejak ia dilahirkan. Kreativitas memang sangat diperlukan di dunia pekerjaan ataupun bisnis untuk menunjang kesuksesan. Tujuannya agar mampu mengikuti perkembangan zaman. Salah satu cara mengasah krativitas otak yaitu dengan membuat cerita menggunakan dua kata acak, menulis fiksi secara cepat dalam 100 kata.

3. Menemukan inspirasi dengan brainstorming 10 ide tentang suatu topik


Brainstorming harus dilakukan secara rutin. Kebiasaan ini merupakan kegiatan pengumpulan topik-topik segar secara spontan. Dengan brainstorming dapat membantu memecahkan masalah, yang dilakukan berfokus pada alternatif pencarian solusi dan langkah-langkah yang akan diambil. Selain itu teknik ini juga dapat memotivasi dalam mencari inspirasi.

4. Dengarkan podcast saat bepergian


Podcast kini mulai populer dan banyak didengar masyarakat. Podcast merupakan rekaman audio yang membicarakan berbagai topik, informasi yang luas. Yang jadi menarik biasanya bahasannya mendalam dan spesifik, namun tetap interaktif karena mengikutsertakan diskusi dua podcaster. Dengan mendengarkan podcast saat berpergiaan juga membantu stimulasi otak dalam menggali informasi dan berimajinatif.

5. Merencanakan kegiatan harian dan melakukan tugas yang paling mendesak


Buatlah daftar tugas yang akan kamu lakukan dalam segari. Hanya dengan membuat rencana kegiatan harian akan membuat kamu lebih disiplin dalam kehidupan. Karena melakukan tugas-tugas sembarangan justru membuat kamu tidak poduktif, sehingga kamu dapat memprioritaskan hal-hal yang penting terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan tugas yang benar-benar mendesak terlebih dahulu dan dengan cara ini kamu bisa memulai produktivitas yang baik untuk menjadi sukses.

Jika ada kebiasaan baik yang perlu dilakukan, maka juga ada kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan. Apa saja itu? Simak baik-baik daftarnya berikut ini:

1. Membalas Pesan dan Memeriksa Email


Mungkin kebanyakan orang lebih banyak memeriksa ponsel untuk membalas pesan atau email di pagi hari saat terbangun, daripada langsung sikat gigi atau meminum segelar air. Biasanya mereka penasaran apakah ada pesan atau email untuk mereka. Kebiasaan ini ternyata merusak. Membaca atau membalas pesan negatif, bisa membuat kamu mengalami hal-hal buruk dalam beberapa jam kemudian. Hal itu bahkan berlaku jika kamu mendapat pesan yang baik dan satu email yang buruk, karena membaca suatu pesan yang tidak baik efeknya akan selalu tampak lebih kuat.

2. Browsing Media Sosial


Pikiran bawah sadar lebih kuat dari yang kita tahu. Ketika kamu memeriksa media sosial di pagi hari, kamu sama sekali tidak memiliki kendali mengenai apa yang akan dilihat. Melansir vulcanpost, sebuah penelitian mengungkap, pemikiran negatif terus menerus dari bawah sadar dapat menyebabkan penyakit. Selain itu ketika kita melihat media sosial di pagi hari, kita cenderung melakukan perbandingan orang lain dengan diri kita sendiri.

3. Menonton Drama TV


Menonton drama televisi di pagi hari dapat mengganggu dan merusak kemampuan seseorang dalam berpikir kritis. Bahkan hal ini berpengaruh dan berdampak buruk dalam kehidupan. Dengan menonton drama tv atau sinetron yang menjadi suatu favorit, maka akan menjadikan otak pasif, dan melemahkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu juga akan membuat kecanduan dan lupa waktu bahkan juga dapat manjadikan baper atau terbawa suasana sehingga banyak berkhayal yang tidak bermanfaat.

Banner Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Karena Alasan Keamanan, semua Komentar akan ditahan untuk Moderasi. Komentar Anda akan ditampilkan setelah disetujui Administrator. Gunakan Email anda yang masih aktif agar dapat menerima Notifikasi saat Komentar Anda dibalas.

Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!