7 Pembelajaran dari Kehilangan Orang yang diCintai

Kehilangan seseorang yang dicintai adalah sebuah pengalaman yang menyakitkan dan sangat emosional. Pengalaman kehilangan adalah sebuah tantangan dalam kehidupan yang terjadi pada kita semua, dan bagi kebanyakan dari kita, hal itu terjadi lebih dari sekali dalam hidup kita.

Kehilangan seseorang yang Anda cintai merupakan hal yang mungkin terasa sangat berat untuk dirasakan dan di hadapi. Tiba-tiba saja sebuah perasaan yang tidak bisa di gambarkan menyelimuti Anda, sebuah perasaan duka yang mendalam dan Anda pun tidak tahu bagaimana cara untuk beranjak atau bahkan Anda pun tidak tahu harus bagaimana. Sebuah hal yang secara universal pernah di rasakan semua orang.

Perasaan tidak mampu bertahan menghadapi keadaan yang terjadi, tentu sering menyelimuti pikiran sepanjang waktu. Rasa sakit dan perasaan kehilangan itu seakan-akan mendominasi bagaimana cara Anda untuk berfikir, pada saat kehilangan seseorang yang Anda cintai. Namun Anda harus yakin bahwa Anda mampu untuk melalui ini semua, dan segala sesuatu yang terjadi pasti akan membuat Anda lebih kuat secara emosional dan menjadi pribadi yang penuh dengan ketabahan. Percayalah bahwa tantangan kehidupan tersebut memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengembangkan pribadi Anda dan mempelajari beberapa pelajaran serta hikmah dalam kehidupan Anda.

Berikut adalah 7 Pembelajaran berharga dari Kehilangan Orang yang Anda Cintai.

Tentunya saya berharap bahwa hal ini dapat untuk menguatkan Anda, untuk dapat menjalani hidup Anda sepenuhnya, untuk mengejar impian Anda, untuk mengatasi kejadian tak terduga yang telah Anda alami dalam hidup Anda, untuk memetik hari ini dengan sebaik mungkin dan untuk menghargai anugerah kehidupan, cinta dan tawa.

1. Menjalani hidup Anda sepenuhnya sebagaimana hidup dapat berubah dalam sekejap mata

Jika Anda memiliki sebuah mimpi tetapi Anda terlalu takut untuk mewujudkannya, jangan menunggu waktu yang tepat, karena tidak pernah ada waktu yang tepat, langsunglah memulainya dari saat ini. Temukanlah jalan dan bagaimana cara untuk mencapainya. Prioritas memang bisa juga berubah dan harus di sadari bahwa Anda perlu untuk menemukan secara pasti tentang apa yang terpenting dalam hidup Anda. Apapun yang terjadi janganlah menyerah, masih ada jalan lain menuju harapan Anda.

Hidup ini terlalu singkat untuk di sesali, Rangkulah kehidupan, luangkanlah waktu untuk membuat kenangan dan menghargai saat-saat dimana Anda menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai, keluarga misalnya. Temukan prioritas utama Anda dan ketahui apa yang penting bagi diri Anda.

2. Menghargai dan menunjukkan rasa terima kasih pada orang-orang yang berada di sisi Anda

Orang-orang yang berada di sisi Anda di saat Anda mengalami kesusahan dan menemani Anda di kala kesulitan menghampiri diri Anda, baik itu keluarga maupun teman terdekat Anda adalah merupakan sebuah harta yang berharga. Mereka merupakan orang-orang yang sangat penting bagi Anda melebihi nilai materi yang dapat di jangkau, melebihi ketenaran, melebihi kekuasaan, melebihi semua uang.

Semua hal-hal materi yang Anda kumpulkan, kekayaan dan kekuasaan Anda adalah merupakan sebuah hal yang mudah untuk didapatkan dan mudah juga untuk hilang. Orang-orang dalam kehidupan Anda yang mencintai dan mendukung Anda, sekali Anda kehilangan mereka Anda akan susah mendapatkan mereka kembali.

Selalu tunjukkan rasa cinta Anda dan rasa menghargai terhadap orang-orang yang Anda cintai dalam hidup Anda. Ingatlah bahwa orang-orang yang Anda perlakukan dengan penghargaan dan rasa syukur akan membawa sukacita yang besar dan warna tersendiri dalam hidup Anda. Jangan takut untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada orang-orang di sekitar Anda. Sempatkan waktu untuk membuat panggilan telepon kepada teman Anda yang belum pernah Anda hubungi.

Jangan biarkan rasa sakit dan putus asa mengisolasi Anda dari orang-orang di sekitar Anda. Buatlah waktu untuk memelihara dan mengembangkan hubungan Anda. Karena Anda membutuhkan energi dari orang lain untuk membantu Anda menyembuhkan diri Anda. Jika Anda masih membutuhkan waktu untuk memulihkan diri dari perasaan kehilangan harapan dan kekosongan yang mendera di dalam hati Anda, it’s Okay. Anda bisa memulai menata diri Anda kembali saat Anda merasa telah siap.

3. Penyembuhan adalah sebuah proses, ketahuilah proses itu dan jangan terburu-buru

“Tunggulah. Tunggulah saat dimana Anda mampu untuk menyembuhkan diri dan berpijak dengan kaki Anda kembali. Dan memulai sebuah langkah baru, langkah perjalanan Anda yang membuat Anda menjadi pribadi yang seutuhnya lagi.”

Rasa kehilangan itu menyakitkan. Tidak hanya karena kehilangan orang yang Anda cintai, tetapi kehilangan harapan dalam kehidupan juga merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk di hadapi. Kita pada sebuah waktu pasti merasa penuh dengan kekecewaan, rasa putus asa, kesedihan, atau perasaan marah karena kita merasa telah ditinggalkan oleh orang yang kita anggap merupakan sosok yang berharga bagi diri kita.

Apa yang kita rasakan adalah sebuah hal yang sangat nyata dan Anda perlu untuk melalui sebuah proses dan merasakan kesedihan Anda. Terimalah kenyataan bahwa dibutuhkan waktu untuk menyembuhkan dan bahwa pasti terdapat cahaya di ujung terowongan yang gelap. Anda hanya harus melewati terowongan yang gelap tersebut. Anda dapat mengubur rasa sakit yang mendalam dalam diri Anda dan berpikir bahwa Anda telah mengatasinya, serta Anda pun bisa melanjutkan hidup kembali. Tapi, kami menjamin bahwa jika Anda tidak mengakui dan mengatasi rasa sakit emosional Anda dengan sebaik-baiknya, perasaan yang tidak menyenangkan itu akan kembali menemukan Anda.

Bagian penting lainnya dari proses penyembuhan adalah memaafkan. Ini adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan, terutama bila Anda telah dikecewakan dan dikhianati oleh orang yang anda cintai.

Memaafkan tidak terjadi dalam semalam. Ini adalah proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, ketika Anda membebaskan diri dari pikiran dan perilaku negatif, Anda akan menjadi lebih mampu untuk menjalani kehidupan yang penuh harapan, optimisme dan kebahagiaan.

4. Gunakanlah pilhan untuk hidup lebih bahagia 

Kita tidak bisa mengontrol hal yang buruk untuk tidak terjadi dalam hidup kita. Namun, kita memiliki pilihan untuk bereaksi terhadap tantangan yang muncul dalam hidup kita, yaitu kekuatan untuk memilih. Lebih pentingnya ialah bagaimana kita menjalani hidup ini tergantung pada bagaiamana kita memilih untuk menjalaninya, jika Anda memilih bahagia maka cobalah untuk berbahagia dengan rasa syukur dan keikhlasan. Cobalah untuk menerima diri Anda dan menyayangi diri Anda.

5. Temukanlah tujuan yang ingin Anda capai

Ketika Anda merasa kehilangan dalam hidup Anda cobalah untuk tidak menggapnya sebagai sebuah kehilangan. Tetapi sebuah kesempatan bagi diri kita untuk berada di jalur yang tepat dalam kehidupan kita, yang mana merupakan sebuah arah yang seharusnya kita tuju. Setiap perasaan kehilangan pasti pernah terjadi pada diri seseorang, semisalnya di khianati oleh orang yang Anda percayai, atau di tinggalkan oleh teman terdekat Anda tanpa menoleh kembali ke arah Anda, atau tiba-tiba saja orang yang sangat Anda cintai menghilang dari sisi Anda. Anda akan menemukan bahwa pada saat itu Anda mulai mengerti mengenai diri Anda sendiri.

Kadang tujuan utama Anda adalah merupakan tempat berpegang yang baik bagi diri Anda, jangan luangkan pikiran Anda untuk memikirkan hal-hal yang membuang energi dan menarik diri Anda dalam kesedihan. Anda bisa memulai fokus pada apa yang Anda miliki, bukan pada hal yang Anda tidak miliki. Perjalanan menuju kebahagiaan di mulai dengan Anda memilih untuk merasa bahagia, dan bersikap positif pada keadaan Anda.

6. Jangan biarkan masa lalu menguasai masa kini dan masa depan

Masa lalu Anda merupakan sebuah kesempatan untuk belajar bagaimana mengahadapi kehidupan Anda saat ini. Lepaskanlah perasaan penyesalan terhadap hidup Anda, berdamailah dengan masa lalu Anda, terimalah itu semua dengan hati yang terbuka dan move on. Ambilah kesempatan untuk mengenal lebih dalam pada diri Anda sendiri, cobalah untuk mempercayai dan yakin pada diri Anda.

Anda bukanlah pribadi yang berada di masa lalu, Anda adalah pribadi yang memilih untuk menyambut masa kini dan masa depan, dan cobalah menyambutnya dengan sebuah senyuman harapan, bahwa semua akan baik-baik saja dan menakjubkan pada akhirnya. Jadilah pribadi yang memiliki kekuatan dan ketabahan seperti yang Anda harapkan. Pribadi yang melangkah menuju masa depan dan hidup dengan penuh kebahagiaan.

7. Jangan melarikan diri dari kehidupan, tetaplah kuat dan rangkulah ketidakpastian dari kehidupan

Hidup ini kadang sangat aneh dan kadang pula menakjubkan, penuh dengan pengalaman yang menyakitkan dan juga hal-hal yang indah. Kadang kita merasa belum siap untuk menghadapi tantangan di depan dan mencoba untuk menyerah dan melarikan diri, melarikan diri dari kenyataan dan realitas kehidupan. Jika hal itu yang terjadi pada diri Anda, it’s Okay. Mungkin Anda masih membutuhkan waktu untuk kembali berpijak dan bersinar kembali.

Jika saat ini Anda sedang melarikan diri dari tantangan kehidupan yang hadir di depan Anda, tentu Anda tahu dengan pasti bahwa hal itu bukanlah cara terbaik untuk menghadapi kehidupan. Anda harus mengetahui secara pasti kapan Anda menentukan waktu untuk kembali lagi. Kembali menjadi pribadi yang positif dan penuh semangat. Karena saat kita melarikan diri, tempat yang kita tuju ialah tempat yang penuh dengan kekosongan, it’s nowhere.

Memang membutuhkan waktu untuk bangkit kembali, dan hanya Anda yang dapat memutuskannya. Anda harus mencoba menemukan harapan kembali meskipun mungkin terasa sulit. Rasa sakit, ketidaknyamanan dan tantangan dalam kehidupan akan selalu mengikuti kita dimana pun kita berada dalam tahap kehidupan. Tidak apa-apa terjatuh dan tidak mampu bangkit dalam suatu waktu, namun pada akhirnya Anda harus bangkit kembali.

Beradaptasilah dan fleksibel dalam menghadapi kehidupan Anda, kesulitan tak terduga yang menghadang tentunya tak dapat di hindari dan saat Anda mampu melewatinya, Anda akan menjadi pribadi yang lebih kuat. Kesabaran menghadapi kesulitan dalam hidup adalah poin yang utama mengatasi permasalahan Anda. Percayalah masih ada secerah harapan di depan Anda.

Provided by Lampu Kecil

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *