Kamu tipe Orang yang Gak Enakan sama Orang lain? Cobalah Baca ini!

0 Komentar

Sifat ‘Nggak Enakan’ itu sejatinya timbul dari hati nurani kamu. Jadi itu tidak masalah jika kamu termasuk tipe orang yang seperti ini. Karena kabar baiknya adalah kamu termasuk orang yang baik.

Di balik sisi positifnya, memiliki sifat tidak enakan sering membuat kamu serba salah. Ingin menolak tak tega, ingin jujur malah takut menyinggung orang lain. Bener gitu kan?

Kalau iya, kamu harus baca ini. Kamu sadari atau tidak, 4 hal ini pasti sering kamu rasakan. Meski baik namun ada sisi buruknya, jadi mestinya kamu atasi biar rasa galaumu gak berkelanjutan.

1. Kamu sering Sulit untuk Menolak

Saat ada orang minta bantuan, baik teman baik atau teman yang baru kenal sekalipun, kamu sulit mengatakan tidak. Rasanya seperti tak tega karena kamu mementingkan kepentingan pribadi kamu. Rasa bersalah akan hinggap saat kamu mau menolak dan mengatakan tidak.

2. Kamu pernah bahkan sering Berpura-pura Bahagia

Ini kamu lakukan tidak lain hanya untuk menjada mood teman-temanmu. Kamu selalu tunjukkan kebahagiaan didepan mereka, meski hatimu sedang menangis, sedang mengalami masalah pribadi. Bahkan saat ada teman yang menyinggung perasaanmu kamu tak segan berkata “Ah, tidak apa-apa”

3. Berusaha untuk selalu Minta Maaf

Memang pada dasarnya kamu orang baik, untuk menjadikan suasan kembali normal. Jadi untuk menghindari konflik, kamu duluan yang minta maaf. Bahkan jelas-jelas kamu tahu bahwa itu murni bukan kesalahanmu.

4. Sering Berbohong pada Diri Sendiri

Lagi-lagi demi menjaga pertemanan dan menjadikan suasana baik. Kamu suka bohong pada diri sendiri dan diam, membenarkan kesalahan yang dilakukan temanmu.

Padahal jelas hal itu tak dapat dibenarkan. Nah, baik buruknya pasti ada. Jadi untuk menghindari keburukan tetap lakukan hal – hal yang positif, tapi setidaknya tepislah hal-hal negatif dari sifat nggak enakan dengan cara berikut ini.

Cara dan Alasan kenapa kamu harus menolak Permintaan Teman dan bilang Tidak

Mengambil Sikap demi Kebenaran

Kamu harus bisa bilang tidak, jika memang ini bertentangan dengan hati nuranimu. Misal kamu benar-benar tidak punya waktu karena kepentinganmu sendiri, atau temanmu meminta bantuan yang akhirnya malah menjadikan hal-hal negatif.

Kamu bilang ia, terkadang karena Takut akan risiko Menolaknya

Banyak faktor, satu contoh misal ada teman pinjam uang, saat kamu mau menolak takut dianggap pelit. Padahal kata seorang psikolog, mereka belum tentu mengecapmu sebagai orang yang buruk.

“Ketika ditolak, kebanyakan orang tidak akan menghabiskan waktu mengutuk orang yang menolak mereka,” kata psikolog Linda Tillman dari Psych Central“Mereka akan move on dan langsung mencari orang selanjutnya yang bisa dimintai tolong.” Jadi kalau memang dirasa di luar kemampuanmu, tolaklah dengan alasan yang wajar.

Menolak permintaan Teman, tidak akan membuatmu jadi Orang Jahat

Ingat, menolak permintaan orang lain bukan berarti kamu jahat, apalagi memang kamu punya alasan yang kuat. Jahat itu adalah saat kamu sengaja menyakiti orang lain. Konteks ini sangat berbeda dengan hal diatas.

Jika mau menolak permintaan teman rasanya tak tega atau bahkan kamu sedih, ingat hal ini adalah manusiawi. Susah, senang, sedih, bahagia, itu pasti menghiasi hidupmu. Jadi selagi kamu alasan yang kuat, kenapa takut berkata “tidak”.

Karena selalu ingin mendahulukan kepentingan dan kenyamanan orang lain alhasil kamu jadi mengabaikan kenyamanan dan kebahagiaanmu sendiri. Perlu kamu catat, menyenangkan orang lain bukanlah tugasmu. Tapi kamu lebih berhak menciptakan kebahagiaan atas dirimu sendiri.

Nah, itulah alasan kenapa kamu harus Stop merasa gak enakan sama orang lain mulai dari sekarang. Kamu juga perlu memprioritaskanlah kenyamanan dan kebahagiaan dirimu sendiri.

Banner Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Karena Alasan Keamanan, semua Komentar akan ditahan untuk Moderasi. Komentar Anda akan ditampilkan setelah disetujui Administrator. Gunakan Email anda yang masih aktif agar dapat menerima Notifikasi saat Komentar Anda dibalas.

Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!