Merasa tidak Boros tapi Uang cepat habis?

Pernahkah kamu merasa enggak pernah beli apa-apa tapi kok uangmu cepat habis? Belum juga ganti bulan uang yang tersisa tinggal sedikit. Nah, pasti kamu enggak menghitung pengeluaranmu sehari-hari. Walaupun yang kamu keluarkan hanya Rp 500, ternyata juga berpengaruh lho! Nah, kamu kayaknya mesti tahu hal-hal apa saja yang harus kamu anggarkan.

  1. Makan, Pengeluaran untuk makan kadang kala enggak terhitung sama kamu. Soalnya kamu menganggap makan adalah kebutuhan dan keharusan. Sebaiknya kamu menganggarkan makan untuk seminggu. Misalnya Rp 175.000 untuk makan satu minggu. Jadi kalau mau makan di warteg atau di cafe, terserah saja. Pokoknya satu minggu enggak lebih dari anggaran yang sudah kamu tentukan.
  2. Sebagai mahasiswa, kamu harus bisa menentukan mana yang bisa kamu beli sendiri, mana yang harus minta orang tua. Contohnya, uang saku dan SPP Kuliah biar orang tua yang membiayai. Tapi kamu harus menyisihkan sebagian uang saku untuk keperluan kuliahmu. Misalnya untuk fotokopi, makanan ringan dan hang out. Malu kan, kalau terus-terusan minta orang tua?
  3. Alat mandi dan make up juga harus kamu anggarkan. Hal ini juga berlaku sama dengan anggaran makan. Bedanya kamu bisa membuat rencana untuk satu bulan. Jangan mengeluarkan lebih dari yang sudah kamu tentukan untuk membeli alat mandi dan make up.
  4. Sama halnya dengan ongkos sehari-hari dan pulsa. Buat batasan untuk dirimu sendiri. Misalnya pulsa satu bulan hanya boleh diisi Rp 100.000. Sedangkan bensin satu bulan hanya Rp 60.000. Jangan sampai lebih dari itu, kalau belum ganti bulan!
  5. Menghemat bukan berarti kamu enggak akan bisa bersenang-senang. Misalnya kamu suka baca buku, rencanakan juga buku apa yang akan kamu beli bulan ini, dan anggarkan juga. Misalnya buku bulan ini paling mahal Rp 150.000. Jangan sampai lebih. Kalau ada buku atau hal yang kamu sukai yang harganya lebih dari anggaran, biasakan untuk menabung dan bersabar. Jangan gunakan kartu kredit.
  6. Sisakan juga uang bulananmu untuk beramal.
  7. Nah, uang bulananmu ini enggak boleh habis. Harus ada sisa untuk kamu tabung. Tabungan ini jangan dulu kamu pakai sampai akhir tahun.

Nah itu dia tujuh pengeluaran yang harus kamu pikirkan, supaya uangmu enggak cepat habis. Jangan lupa untuk selalu mencatat semua pengeluaran perharimu agar keuanganmu terkontrol.

Provided by Car.co.id

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *