Sekilas Jawaban dan Penjelasan tentang Apa itu Wikipedia?

    0 Komentar

    Untuk para pengguna internet, pasti tidak asing lagi dengan kata Wikipedia. Sebuah Ensiklopedia Online yang sangat lengkap. Sebenarnya, Wikipedia merupakan sebuah salah satu Proyek besar terbesar di dunia karya Jimmy Wales dan Larry Sanger yang duluncurkan pada tahun 2001 silam.

    Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata Wiki dan Encyclopedia.

    Wikipedia adalah proyek Ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. yang kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di dunia nternet.

    Pada awalnya, saat Tim Berners-Lee membuat World Wide Web pada tahun 1990, dia berpikir bahwa World Wide Web adalah tempat dimana semua orang bisa saling berbagi dalam ilmu pengetahuan. Dia bahkan menambahkan bahwa pada setiap web kita tidak hanya dapat membacanya saja melainkan juga dapat mengedit halaman.

    Wikipedia merupakan merek dagang Yayasan Wikimedia yang juga membawahi proyek multibahasa seperti Wikiquote (koleksi kutipan), Wiktionary (kamus dan tesaurus), Wikisource (perpustakaan naskah), Wikibooks (buku teks), Wikinews (sumber berita), Wikispecies (direktori spesies), dan Wikiversity (bahan belajar). 

    Di seluruh dunia, kini ada 74.000 kontributor aktif yang mengerjakan 4.700.000 artikel pada lebih dari 150 bahasa. Wikipedia terbesar adalah versi bahasa Inggris yang saat ini memiliki 1.632.057 artikel. 

    Semua isi Wikipedia dilindung General Public Licence (GNU) Free Documentation License (Lisensi dokumentasi bebas GNU atau GNU FDL). Ribuan proyek gratisan berada di bawah GNU FDL, tetapi Wikipedia inilah yang merupakan proyek dokumentasi terbesar GNU FDL. 

    Kebijakan Wikipedia yaitu sxemua artikel harus ditulis dari sudut pandang yang netral atau neutral point of view (NPOV). Menurut pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, NPOV ini adalah kewajiban dan tidak boleh diganggu gugat.

    Tinggalkan Komentar

    Kata-kata yang Anda Tuliskan dalan Komentar ini adalah Gambaran dari Kepribadian Anda sendiri. Belajarlah menghargai Orang lain jika Anda ingin di Hargai.

    Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
    Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!