Susah cari Kerja? Coba mulai Lakukan Ini…

0 Komentar

Tidak semua orang mendapatkan kemudahan dalam mencari pekerjaan. Kadang ada saja halangan yang menyebabkan seseorang tidak diterima saat melamar sebuah pekerjaan. Masalah ini jika dibiarkan bisa saja akan membuat seseorang menjadi pengangguran dalam waktu yang cukup lama. Dampaknya pun akan mengurangi produktifitas dalam berkarya.

Apabila Anda termasuk orang yang susah cari kerja sebaiknya dari sekarang mulai instropeksi diri. Barangkali ada kesalahan yang tidak Anda sadari yang menyebabkan Anda kesulitan mencari kerja.

Kali ini saya akan membantu Anda memberikan solusi yang mungkin bisa membantu Anda dalam mencari pekerjaan. Karena sejatinya seseorang yang tidak ada kegiatan atau tidak memiliki pekerjaan padahal beban hidup semakin tak tertahankan, membuat hidup terasa tak nyaman. Tapi yang penting Anda jangan patah semangat, terus perbaiki diri dan mencoba apapun yang terjadi.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika hingga detik ini Anda masih merasa susah cari kerja.

1. Terbukalah Dengan Orang Lain

Jika Anda belum juga mendapatkan pekerjaan, jangan malu. Justru Anda harus terbuka dengan orang lain jika Anda saat ini sedang mencari pekerjaan. Ceritakan jika Anda butuh kerjaan yang seperti Anda inginkan. Perbanyak koneksi, karena dengan memperbanyak koneksi pertemanan akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Tapi hati-hati jika bercerita dengan orang lain. Jangan ungkapan alasan buruk kenapa Anda susah cari kerja, misalnya saja Anda terlalu memilih besaran gaji, atau terlalu perfeksionis dengan suatu pekerjaan. Jika itu sampai orang lain tahu, jangan harap mendapatkan rekomendasi pekerjaan dari orang lain. Karena orang lain juga tidak mau merekomendasikan pekerjaan kepada Anda yang punya sikap seperti itu.

Ceritakan saja hal-hal positif dan keahlian yang Anda punya. Perlihatkan sikap yang baik dengan orang lain. Mungkin saja suatu saat ada rekan yang sedang mencari pegawai baru, dan Anda pun bisa direkomendasikan karena dia tahu kelebihan dan Attitude Anda yang baik.

2. Jangan Terlalu Memilih

Anda boleh saja memilih bidang pekerjaan yang Anda suka dan kuasai, tapi maksudnya begini. Kadang ada orang yang terlalu memilih suatu pekerjaan dimana ia hanya menginginkan pekerjaan yang enak-enak saja. Misalnya ketika mendapatkan informasi pekerjaan A, bukannya dicoba melamar dulu tapi malah terlalu banyak tanya nanti kerjanya gimana, disana kantornya gimana, dan lain-lain.

Boleh saja ingin tahu hal seperti itu, tapi cobalah untuk menurunkan ego dulu. Saat ini kondisi Anda sedang susah cari kerja, jangan sampai pertanyaan itu muncul dikala Anda belum mencoba melamar kerja. Lebih baik cobalah untuk melamar dulu, nanti hal-hal tersebut bisa diobrolkan ketika di Interview kerja. Karena sejatinya wawancara kerja memang harus saling mengetahui, perusahaan mengetahui diri Anda, dan Anda berhak mengetahui kondisi perusahaan.

Tapi sebaiknya untuk pertanyaan seperti itu tidak perlu ditanyakan. Tidak ada pekerjaan yang enak, semua pekerjaan itu ada resikonya. Sekarang tinggal bagaimana Anda menyikapinya dengan cara yang positif.

3. Upgrade Keahlian Anda

Salah satu alasan Anda sulit cari kerja adalah tidak memiliki keahlian tertentu. Tapi sebenarnya setiap manusia itu dikaruniai bakat masing-masing. Coba ketahui apa bakat Anda dan jadikan itu sebagai keahlian Anda. Jika sudah tahu bakatnya apa, tinggal dilatih bakat itu agar menjadi ahli.

Misalnya bakat Anda menulis, cobalah untuk menekuni bakat itu. Dan Anda pun bisa melamar pekerjaan sebagai penulis di media online. Itu sebagai contoh saja.

Atau jika sekarang tidak bisa komputer, ikuti pelatihan komputer. Kali aja Anda bisa melamar pekerjaan sebagai admin atau lainnya yang membutuhkan keahlian komputerisasi.

4. Kembali ke Jalan yang Benar

Banyak yang tidak menyadari bahwa apa yang telah dilakukan itu akan berdampak pada apa yang akan dilakukan. Misalnya semasa hidupnya melalukan hal-hal buruk, pasti kedepannya akan sulit ketika melakukan sesuatu yang positif, seperti mencari kerja.

Karena sejatinya pekerjaan termasuk rejeki yang diberikan oleh Tuhan. Dan jika Anda selalu mengerjakan yang dilarang oleh-Nya, itu membuat rejeki Anda sempit. Cobalah untuk bertaubat, dan instropeksi diri atas kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat. Dan minta kepada-Nya agar dimudahkan dan diberikan pekerjaan yang seperti Anda inginkan.

Jika Anda memang benar-benar bingung mau kerja apa, coba daftar sebagai driver GrabBike atau GrabCar. Jangan sepelekan pekerjaan ini, jika Anda serius hasilnya bisa lumayan bahkan bisa mengalahkan pekerjaan kantoran. Mengingat sekarang banyak masyarakat yang menggunakan jasa transportasi online ini. Enaknya kerja dari driver Grab adalah waktunya fleksibel. Terserah Anda mau ambil penumpang kapan.

Itu beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Dan semoga Anda bisa mendapatkan kemudahan dan segera mendapatkan pekerjaan yang seperti Anda inginkan.

Banner Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Karena Alasan Keamanan, semua Komentar akan ditahan untuk Moderasi. Komentar Anda akan ditampilkan setelah disetujui Administrator. Gunakan Email anda yang masih aktif agar dapat menerima Notifikasi saat Komentar Anda dibalas.

Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!