Tips Belanja Online dari Luar Negeri dengan Aman dan Mudah

0 Komentar

Berbelanja secara online memang selalu menjadi cara terbaik untuk mendapatkan barang berharga murah dengan kualitas yang sama. Di Indonesia sendiri saat ini sudah terdapat banyak situs e-commerce yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan belanja online. Sayangnya, terkadang ada saja barang yang tidak tersedia di Indonesia. Di saat inilah Anda bisa mulai beralih ke situs online internasional dan berbelanja di situ. Banyaknya pilihan yang tersedia di situs luar negeri memang tidak jarang dapat membuat kita menjadi tergiur untuk berbelanja, apalagi dengan harga produk-produknya yang terkadang bisa jadi lebih murah dibanding di situs lokal.

Sayangnya, belanja online dari luar negeri memang lebih riskan, karena kita tidak bisa dengan mudah melakukan tindakan jika terjadi permasalahan dalam pengiriman atau kegagalan pembayaran. Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan berbagai langkah proaktif, misalnya dengan hanya berbelanja di situs jual beli internasional terpercaya, serta langkah-langkah lainnya. Simak selengkapnya dalam poin-poin berikut ini:

Lakukan Riset Situs Jual Beli Internasional Terpercaya

Tidak dipungkiri, belanja online dari situs jual beli internasional terpercaya merupakan kunci utama yang harus dilakukan. Biasanya situs-situs seperti ini memiliki reputasi yang baik karena keberhasilan proses belanja para costomernya. Tidak menutup kemungkinan, harga-harganya pun menjadi lebih murah dibandingkan situs yang lain.

Untuk mengetahui situs jual beli internasional terpercaya seperti ini, Anda bisa mulai mencari ulasan-ulasan dari para costomer sebelumnya. Jika merasa kesulitan, cobalah mencari ulasan berbahasa Indonesia dari blog-blog lokal maupun forum di internet. Biasanya Anda bisa langsung mengetahui apakah situs belanja yang hendak Anda gunakan memiliki laporan negatif. 

Perhatikan apakah seluruh proses pembayaran costomer sudah terjamin aman, dan apakah barang yang telah dikirim dapat dijamin ketepatan waktu penerimaannya. Biasanya forum-forum seperti ini akan membahas hal-hal sampai detil. 

Teliti dengan Ongkos Kirim

Kendala yang paling dirasa saat belanja online dari luar negeri tentunya adalah masalah jarak. Jarak yang memisahkan penjual dan pembeli inilah yang membuat ongkos kirim semakin mahal. Jadi, tidak ada gunanya barang murah jika ongkos kirimnya mahal. Perhatikan biaya ongkos kirim dan opsi pengiriman dengan teliti. Biasanya tiap situs belanja tidak hanya menyediakan satu opsi pengiriman saja, lihat tiap opsi satu per satu untuk membandingkan harga dan pelayanannya. Anda juga dapat mengajak seorang teman untuk belanja di situs yang sama agar dapat menghemat ongkos kirim. Maka dari itu, untuk lebih menghemat, ada baiknya untuk mencari situs belanja online luar negeri yang bisa kirim ke Indonesia dengan gratis biaya ongkos kirim. 

Kenali Metode Pembayaran yang Ditawarkan

Saat berbelanja online, baik di situs lokal maupun internasional, tentunya akan ada beberapa opsi pembayaran yang ditawarkan. Salah satunya adalah pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit. Di situs apapun itu, tentu saja data-data kartu kredit Anda akan tetap diminta. Namun, tetaplah ingat bahwa akan ada risiko yang muncul saat melakukan belanja online.

Untuk meminimalisir hal ini, cobalah untuk mengecek URL situs, biasanya situs yang baik harus diawali dengan ” https:// “, yang menandakan bahwa situs tersebut aman. Huruf S pada https berarti bahwa ada sistem lapisan keamanan yang melindungi situs tersebut, yang biasa disebut dengan SSL / Secured Socket Layer.

Anda juga harus mengecek label keamanan dari situs tersebut. Pada situs belanja online China misalnya, akan dilengkapi dengan nomor izin ICP, yang biasanya terletak di bagian bawah halaman utama situs belanja online China. 

Selain itu, perhatikan juga layanan pembayaran melalui Visa, MasterCard, atau PayPal. Pembayaran melalui layanan seperti ini bisa membantu melindungi proses pembayaran yang dilakukan dalam situs belanja tersebut. 

Jangan Melupakan Bea Cukai

Saat berbelanja dari situs luar negeri, tentunya Anda juga harus memperhatikan masalah bea cukai. Biasanya akan ada pemeriksaan pajak yang dikenakan sesuai dengan jenis barang dan kuantitas barang yang dibelanjakan. Salah satu cara termudahnya adalah dengan melihat lagi harga total dari paket yang dikirimkan. Jika total belanja yang Anda lakukan kurang dari USD 50, maka tidak akan ada biaya bea cukai yang harus dibayarkan, karena benda tersebut akan dianggap sebagai oleh-oleh (gift), sehingga tidak ada tambahan biaya apapun. Namun, jika total belanja lebih dari USD 50, biasanya barang akan ditahan oleh bea cukai dan perlu dibayarkan terlebih dahulu sebelum barang dapat ditebus dan dibawa pulang. 

Contoh Situs Jual Beli Internasional Terpercaya

Berikut adalah beberapa contoh situs belanja online dari luar negeri yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan barang dengan harga lebih murah. 

AliExpress – AliExpress merupakan situs belanja online China yang melayani pengiriman ke seluruh dunia. AliExpress tentunya merupakan saingan dari Amazon dan eBay. AliExpress bisa menjadi situs yang tepat bagi Anda yang mencari barang yang unik, dengan harga yang miring. Di AliExpress sendiri banyak penjual yang memberikan opsi gratis biaya ongkos kirim. Lumayan sekali untuk menghemat pengeluaran dari segi pengiriman, bukan? Tentu saja hal ini berdampak pada penundaan barang yang diterima. 

Book Depository – Kalau yang satu ini adalah situs belanja onlineluar negeri yang berfokus pada buku-buku. Di sini harga buku jauh lebih terjangkau dibanding dengan toko-toko yang menjual buku internasional. Selain itu, Book Depository juga menyediakan gratis ongkos kirim, sehingga Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus: harga murah & gratis ongkos kirim. Seluruh pengiriman buku sebagian besar berasal dari Inggris, meskipun ada sebagian yang juga dikirimkan dari Australia. Perlu diingat bahwa biasanya proses pengiriman bisa memakan waktu maksimal sampai 2 bulan. 

eBay – Situs terakhir yang tentunya sudah dikenal orang adalah eBay. Situs ini juga memiliki banyak opsi pengiriman dan pembayaran yang bisa Anda manfaatkan. Untuk urusan kredibilitas, tentunya eBay tidak perlu diragukan lagi. eBay terkenal menjadi situs belanja online internasional terpercaya yang cukup sering digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Tinggalkan Komentar Anda

Karena Alasan Keamanan, semua Komentar akan ditahan untuk Moderasi. Komentar Anda akan ditampilkan setelah disetujui Administrator. Gunakan Email anda yang masih aktif agar dapat menerima Notifikasi saat Komentar Anda dibalas.

Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!