Tips memilih Kredit Motor Bekas dengan Teliti

0 Komentar

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli motor bekas dengn cara kerdit penting sekali untuk mengetahui tips memilih kredit motor bekas. Pasalnya, saat ini banyak sekali lembaga perkreditan yang menawarkan banyak kemudahan bagi mereka yang ingin memiliki sepeda motor tanpa harus membayarnya dengan lunas terlebih dahulu. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua perkreditan motor tersebut benar kredibel?

Sebagian dari kita mungkin merasa ragu-ragu dan kemungkinan harus berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor bekas. Hal ini bisa dikatakan cukup normal sebab selain karena tidak mengetahui tips memilih kredit motor bekas, orang tentu akan banyak mempertimbangkan beberapa resiko yang mungkin akan terjadi seperti mendapatkan motor yang kurang berkualitas karena sudah pernah dipakai oleh orang lain, barang yang spesifikasinya kurang cocok dengan yang diinginkan, hingga berurusan dengan lembaga perkreditan yang tidak terpercaya. Untuk itu, ketika kamu ingin membeli sepeda motor bekas secara kredit, maka kamu harus menelitinya terlebih dahulu dan yang tak kalah penting tentu memperhatikan tips memilih kredit motor bekas agar tidak mengalami kerugian nantinya.

Tips memilih Kredit Motor Bekas

Motor bekas biasanya dipoles ulang oleh para penjual sehingga kekurangannya bisa tertutupi dengan maksimal. Nah, inilah alasan mengapa tips memilih kredit motor bekas itu menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui. Kamu tentu tidak mau kan jika mendapatkan motor yang dari luar terlihat bagus namun ternyata performanya sangat buruk? Hal ini patut menjadi perhatian sebab kebanyakan orang sering mengabaikannya dan hanya fokus pada bagian luarnya saja. Padahal banyak aspek lain yang harus diperhatikan dari tips memilih kredit motor bekas seperti mesin dan kenyamanan ketika kendaraan tersebut digunakan. Salah satu keuntungan yang didapatkan ketika membeli motor bekas berkaitan dengan harga karena harga jualnya tentu akan lebih murah dari kondisinya ketika masih baru. Apalagi jika kamu membelinya secara kredit, tentu jumlah pembayarannya bisa diatur setiap bulan agar tidak terlalu memberatkan.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli motor bekas secara kredit, berikut beberapa tips memilih kredit motor bekas agar kamu bisa mendapatkan sepeda motor yang berkualitas namun tetap dengan harga yang miring.

Tips Memilih Kredit Motor Bekas

Berikut ini adalah tips memilih kredit motor bekas yang bisa kamu pertimbangkan ketika akan membeli motor bekas yang diinginkan, simak yuk penjelasannya lebih lanjut:

Pilihlah Sepeda Motor dengan Teliti

Berbeda dengan ketika kita membeli motor baru, motor bekas sebelumnya sudah pernah digunakan oleh orang lain sehingga tips memilih kredit motor bekas pertama yang bisa diterapkan adalah dengan memilih motor bekas yang akan dibeli dengan teliti. Karena sudah pernah digunakan tentu ada komponen yang sudah tidak berfungsi seperti aslinya sehingga harus diganti dengan yang baru maupun membutuhkan servis ulang. Nah, jika kamu ingin mendapatkan motor dengan kondisi yang masih baik maka memilih dengan cermat merupakan hal yang harus dilakukan. Untuk itu periksalah motor meliputi bagian bodi dan mesinnya. Mengetesnya secara langsung dengan cara mengendarainya juga bisa dilakukan untuk mengetahui kenyamanan kendaraan tersebut. Selain itu tanyakanlah perihal kekurangannya sehingga kamu bisa memperbaikinya atau mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi.

Memilih lembaga Kredit yang memiliki Reputasi baik

Tips memilih kredit motor bekas yang selanjutnya adalah memilih diler atau lembaga kredit yang sudah terpercaya dan tentu saja kredibilitas lembaga yang akan dipilih ini harus benar-benar dipastikan terlebih dahulu. Yang paling penting jangan hanya terfokus pada biaya angsuran yang murah namun ternyata memiliki tanggungan bunga tinggi yang harus dibayarkan. Layanan kredit motor bekas dengan cicilan yang cukup ringan saat ini memang cukup mudah untuk ditemukan. Namun, sebagai seorang pembeli bijaklah dalam memilih lembaga kredit sehingga tidak akan menjadi beban dalam keuangan kamu nantinya.

Memilih Kredit Fix Rate

Ternyata kamu sudah tahu kredit fix rate bukan? Nah, memilih kredit fix rate alias yang bunganya sudah jelas dan sesuai dengan yang telah ditetapkan di awal juga menjadi tips memilih kredit motor bekas yang cukup baik. Dengan menggunakan kredit fix rate, kamu tak perlu khawatir dengan perubahan bunga banknya. Fluktuasi bunga perbankan biasanya memang menjadi masalah keuangan tersendiri namun dengan memilih kredit fix rate, jumlah bunga yang harus dibayarkan sama setiap bulannya sehingga kamu bisa mengatur keuangan dan mempersiapkannya dengan lebih mudah.

Pilih Kredit yang Sesuai Kemampuan

Apapun yang ingin dibeli baik itu motor bekas maupun barang yang lain memang sudah seharusnya jika disesuaikan dengan kemampuan. Tips memilih kredit motor bekas yang satu ini cukup efektif sekali karena dengan memilih kredit motor dengan jangka waktu yang cepat, pembayarannya akan lebih ringan. Uang muka yang harus dibayarkan pun bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan yang kita miliki. Selain mempertimbangkan kemungkinan keuangan di masa depan untuk menghindari hutang, berbagai pilihan yang diberikan juga harus dipertimbangkan terlebih dahulu dengan bijak agar hal ini tidak merugikan kita sebagai pembeli.

Pahami Tujuan membeli Motor Bekas

Tips memilih kredit motor bekas berikutnya adalah memahami tujuan awal kenapa membeli motor bekas. Semua yang dilakukan tentu memiliki tujuan sehingga kita harus mengetahui alasan utama kenapa harus membeli motor bekas. Pahami fungsi dari motor itu, apakah akan digunakan untuk mendukung usaha yang saat ini dijalankan, sebagai alat transportasi untuk mendukung kehidupan sehari-hari, atau hanya digunakan untuk melengkapi koleksi saja. Meski digunakan untuk koleksi, pastikan jangan membeli secara berlebihan. Agar kondisi keuangan tetap stabil, sesuaikanlah tujuan membeli motor bekas dengan kemampuan keuangan agar tidak rugi nantinya.

Pastikan Kelengkapan Surat

Memastikan kelengkapan surat kendaraan juga merupakan tips memilih kredit motor bekas yang tak kalah penting. Motor bekas yang akan dibeli harus memiliki surat-surat resmi dari pihak kepolisian secara lengkap, baik itu BPKB maupun STNK. Selain mengecek keaslian dari BPKB dan STNK dari motor tersebut, pastikan juga jika KTP dari nama yang ada di dalam BPKB memang masih berlaku. Apabila kedua surat tersebut memang hilang namun masih ingin membelinya, lakukan kroscek terlebih dahulu apakah si pemilik kendaraan tersebut mempunyai surat tanda kehilangan BPKB dan STNK. Jika tidak memilikinya, sebaiknya urungkan niat untuk membelinya. Hindari juga untuk membeli sepeda motor bekas yang STNK atau BPKB nya tengah dijaminkan.

Dengan melihat beberapa tips memilih kredit motor bekas yang telah dijelaskan diatas, tentu saat ini kamu sudah memiliki pandangan yang lebih jelas tentang apa-apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membeli motor bekas secara kredit. Dengan mempraktikan tips tersebut, tentu kamu bisa mendapatkan motor bekas yang kualitasnya masih baik dan tidak tertipu oleh diler-diler yang memang kurang terpercaya. Di antara tips memilih kredit motor bekas yang sudah disajikan diatas, yang terpenting pastinya adalah memilih lembaga kredit yang kredibel dan memastikan kondisi motor beserta kelengkapan surat-suratnya sehingga motor yang dibeli tidak hanya nyaman namun juga aman ketika digunakan.

Nah, itulah beberapa ulasan yang bisa saya bagikan tentang tips memilih kredit motor bekas yang tentunya akan cukup bermanfaat dan semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin membeli motor bekas dengan kredit.

Banner IDwebhost

Tinggalkan Komentar Anda

Karena Alasan Keamanan, semua Komentar akan ditahan untuk Moderasi. Komentar Anda akan ditampilkan setelah disetujui Administrator. Gunakan Email anda yang masih aktif agar dapat menerima Notifikasi saat Komentar Anda dibalas.

Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Komentar Anda disini...!!!
Kolom ini Wajib diisi. Harap isi Nama Anda disini...!!!