Tips merawat Baterai Ponsel agar Awet

Heyyy… Berapa persen daya baterai ponselmu sekarang? Hehe.. Semoga masih cukup untuk membaca Tuliasan ini sampai habis.

Disini saya akan beritahu beberapa tips yang bisa membantu katahanan baterai ponselmu.

Saat kamu memainkan Game favotitmu di ponselmu, mungkin momen yang di tunggu-tunggu adalah disaat kamu bserhasil mencapai level baru di game favoritmu, kemenangan luar biasa. Tapi bagaimana jika kamu harus berhenti di saat-saat mulai serius dan harus mengisi daya baterai ponselmu. Adakah yang bisa kamu lakukan agar tidak terlalu sering mengisi daya ponsel. Mari kita lihat.

Jangan memasang Aplikasi Anti Virus

Android sudah punya perlindungan virus. Memasang aplikasi Anti Virus lain hananya akan menguras daya baterai. Cukup tidak memasuki situs meragukan atau mengunduh aplikasi diluar toko resmi, maka ponselmu akan aman.

Optimalkan Aplikasi

Jika kamu punya banyak aplikssi tapi sebenarnya kamu tidak membutuhkan semua aplikasi itu, batasi penggunaan baterai latar belakang. Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan cari daftar aplikasi, sekarang pilih aplikasi yang ingin kamu batasi, buka penggunaan baterai dan pastikan aktifitas latar belakang dimatikan.

Aktifkan mode Pesawat di area Sinyal buruk

Sinya yang tidak stabil membuat ponsel bekerja keras. Ponsel akan terus mencari menara seluler terdekat dan tanpa henti mengirin sinyal, setiap kali gagal tersambung maka ponsel harus mengirim sinyal lagi dan menggunakan lebih banyak daya baterai. Jadi, aktifkan mode pesawat atau beralih ke Wifi.

Jangan berlebihan memakai Kamera

Berfokus pada foto atau merekam video dengan audio akan membuat ponsel tersiksa dan merusak baterai. Aktifkan mode pesawat saat kamu ingin menggunakan kamera untuk membuat ponsel istirahat dari tugas lainnya.

Mentikan Sinkronisasi otomatis untuk akun Google

Jika kamu tidak perlu akun googlemu diperbarui setiap 15 menit, klik Pengaturan dan cari Akun atau Pengguna dan Skun tergantung Ponselmu, lalu nonaktifkan sinkronisasi otomatis.

Matikan Bluetooth

Saat fitur ini aktif, ponsel membutuhkan daya untuk terus mencari perangkat lain.Jika kamu tidak butuh Bluetooth, untuk apa membuat ponsel kehilangan daya yang berharga.

Gunakan mode Gelap

Banyak aplikasi yang kini memungkinkanmu untuk memilih latar belakang hitam daripada terang yang standar. Hampir seluruh Android bahkan memiliki opsi untuk mengatur mode gelap seluruh sistem. Mode Gelap menghabiska lebis sedikit daya sehingga mengaktifkannya akan menghemat baterai.

Jauhkan Ponsel dari Dingin dan Panas

Baterai tidak suka suhu extrim karena bisa menghancurkan reaksi kimia yang terjadi didalamnya, akibatnya akan membuat baterai ponsel jadi tidak awet. Jsdi jangan tinggalkan ponsel di mobil pada musim dingin atau matikan saat kamu beraktifitas pada hari musim panas yang terik.

Matikan Getar

Kamu membuat ponsel bekerja 2x jika kamu menambahkan Getar pada Dering. Selain itu, kamu menghemat daya baterai dengan mematikan getaran kecil setiap kali kamu menekan tombol virtual.

Periksa Aplikasi Pelacakan Lokasi

Aplikasi seperti Peta atau layanan Taxi benar-benar pengen tau lokasimu agar berfungsi dengan baik, tapi banyak aplikasi lain mengaktifkan Geoloketer secara default. Cari aplikasi apa yang memiliki izin lokasi dan matikan jika tidak perlu.

Jangan tutup Aplikasi Latar belakang

Aplikasi latar belakang tidak aktif dan tidak menghabiskan banyak daya, tapi jika kamu secara manual menutupnya dan setelah beberapa waktu membukanya lagi maka ponsel membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukannya. Lakukan hanya jika kamu perlu membuka kembali aplikasi yang tidak merespon.

Restar Ponsel secara Teratur

Jika kamu tidak melakukannya maka Memori akses atau Ram akan dipenuhi data yang tidak perlu, menyimpan data ini tidak hanya menguras daya baterai tapi juga akan membuat sistem android bekerja dengan lambat. Restar ulang ponselmu setidaknya seminggu sekali.

Nonaktihkan Blotware

Blotware adalah aplikasi bawaan yang sudah terpasang di ponsel baru. Blotware juga menghabiskan memori dan baterai. Jika kamu tidak membutuhkannya cukup buka Pengaturan Aplikasi dan pilih Aplikasi lalu klik Nonaktihkan, setelah itu kamu akan mendapatkan peringatan menakutkan tapi abaikan saja dan tekan Nonaktifkan sekali lagi.

Perkecil kecerahan Tampilan

Semakin cerah Layar semakin boros pula baterai, kamu bisa memulih untuk mengubahnya secara otomatis atsu melakukannya secara manual untuk menghemat daya baterai. Selain itu, layar redup akan membuat mata lebih rilex dan tidak kering.

Hapus Aplikasi yang boros Baterai

Beberapa aplikasi menggunakan terlalu banya daya, untuk menemukannya cukup periksa penggunaan baterai secara teratur. Hapus aplikasi itu dan pilih alternatif sederhana jika memungkinkan atau pilih aplikasi premium dari aplikasi yang sering kamu gunakan, aplikasi itu tidak memiliki iklan sehingga baterai lebih awet.

Mengurangi waktu Mati Layar

Biasanya layar akan mati secara otomatis setelah 1 sampai 2 menit didiamkan. Sekarang, hitung berapa menit sehari display kamu aktif sia-sia. Mengurangi waktu mati layar akan menghemat banyak daya baterai.

Jangan menggunakan Pengisian daya Cepat

Opsi ini sangat menggoda saat kamu sedang buru-buru, tapi jika kamu sering menggunakannya pada akhirnya baterai akan kehilangan kapasitasnya. Ponsel bekerja sangat keras untukmu sehingga layak mendapatkan pengisian daya standar.

Rawat ponselmu dengan baik, dan ponsel akan baik kepadamu. Atau,,,, ya semacam itulah. Jika kamu merasa terbantu dengan Tips ini, luangkanlah sedikit waktu untuk memberikan komentar positif di kolom komentar dan bagikan artikel ini ke Sosial Media kamu.

Sampai jumpa di Tips-tips berikutnya.

Tinggalkan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *