Inilah Fungsi Earphone Yang Dipakai Penyanyi Saat Manggung

Inilah Fungsi Earphone Yang Dipakai Penyanyi Saat Manggung

Hai, pasti kamu sering lihat kan penyanyi profesional nyanyi di panggung pake earphone, itu apa sih dan apa sih yang mereka dengerin, dalam postingan ini kita akan kupas tuntas mengenai ear monitor dan juga kita lihat fungsi ear monitor secara umum karna informasi ini penting banget deh buat kamu yang sering manggung, jadi pastikan kamu baca postingan ini sampai habis karna disini saya akan tunjukin berapa sih harganya ear monitor dan kamu perlu enggak sih sebetulnya.

Fungsi Monitor Untuk Penyanyi

Nyanyi yang bagus dan gak fales itu memerlukan kita untuk bisa mendengar suara pic kita sendiri dan juga suara iringan kita, misalnya kita nyanyi diiringin sama gitar, ya kan tapi masa kita ngak bisa dengar suara gitarnya, kita nggak mungkin bisa nyanyi yang selaras dan harmonis, Yadong,,, atau kita masih bisa dengar suara gitarnya tapi kita nggak bisa dengar jelas suara kita sendiri, gimana cara ngatur pic nya kan enggak bisa.

Masalahnya nyanyi di panggung gede misalnya atau di studio TV itu beda banget dengan nyanyi dikamar mandi, eh di kamar sendiri maksudnya atau di rumah sendiri. Ya itu beda banget seringkali penyanyi itu enggak dengar suaranya sendiri, dalam kondisi seperti itu, atau nggak denger suara pemain gitarnya misalnya, disinilah pentingnya yang namanya speaker monitor.

Kalau kita lihat di len out sebuah panggung, kita perform di tengah panggung diiringin sama pengiring di belakang kita misalnya gitu tapi kemudian speakernya itu ngadep ke penonton semua ya kan nggak dengar dong kita, sehingga kita nggak bisa denger secara jelas suara musik yang kita mainin, karena speaker ngadepnya kan ke penonton bukan ke kita, speaker yang ngadep ke penonton itu disebut sebagai speaker front of house atau FOH musik yang keluar dari situ tentu ya musik yang harusnya kita dengarkan dengan jelas.

Sementara kita yang manggung perlu yang namanya speaker monitor yaitu speaker yang ngadepnya ke kita bukan ngadap ke penonton. Jadi kalau teman-teman lihat di panggung tuh suka ada misalnya di lantai tuh ada speaker yang ngadep ke penyanyi atau pemain gitarnya, itulah yang namanya speaker monitor beda sama speaker FOH, speaker monitor musik yang keluar disitu kita yang ngatur misalnya pemain drum lebih pengen dengar suara keyboard misalnya supaya bisa matching biytnya atau pemain bass pengen dengar suara dramnya.

Nah kalau penyanyi, kalau saya pribadi sih pengen dengar suara saya lebih jelas dimonitor saya dan juga suara alat harmoni seperti suara keyboard, saya pengen itu digedein supaya lebih jelas enak tuh, jadi kita bisa dengar sesuai apa yang kita mau, kok bisa beda yang keluar di speaker FOH sama speaker monitor, soalnya mixernya beda mixer FOH beda sendiri mixer monitor juga beda sendiri, di era yang canggih sekarang ini yang tadinya speaker monitor tuh gede dan ditaruh dilantai sekarang bisa berbentuk earphone aja.

Nah untuk penyanyi ini memberikan kita superpower buat penyanyi soalnya kan yang dengar masing-masing ya, jadi setiap orang itu punya ear monitor dan isinya masing-masing beda dan bisa dicustom juga sesuai kebutuhan.

Nah kalau buat penyanyi lebih banyak lagi fungsinya ear monitor, ayo kita buktikan sekarang, coba aja kamu coba tutup kuping sebelah ya kan pasti akan kedengaran jelas banget dan pic kamu jadi lebih kedengeran jelas banget ya kan, itu cuma tutup telinga sebelah doang tuh, gimana kalau ada ear monitornya ada yang keluar di ear monitornya, selain untuk menjaga pic kita sendiri supaya gak fales kita bisa dengar suara kita sendiri dan dengan suara pengiring, kita juga bisa untuk mendengar hal lain, terus kadang-kadang nih dibelakang panggung itu ada orang yang ingetin bagian lagu misalnya "bro habis ini langsung ke ref ya" "habis ini ke bric ya" itu Kedengaran tu di ear monitor si penyanyi hehehe jadi nggak bakal lupa deh bagian-bagian lagunya.

Misalka pas lagi konser gitu, "Habis ini, lagu Sadis ya" misalnya, itu ada yang ngasih tau dari monitor itu bisa terjadi kayak gitu, bahkan nih ya penyanyi terkenal Celine Dion aja disaat tuh film dokumenter yang bisa kita lihat di YouTube itu pas lagi konser ada orang di belakang panggung yang stand by sama lirik lagunya itu ngasih tau ke Celine Dion, misalnya Celini Dion lupa lirik nih langsung dia ngasih tau "lirik ini" gitu, jadi dikasih tahu lewat ear monitor canggih banget kan hahaha.

Itu Celine Dion loh penyanyi terkenal lagu-lagunya aja dia masih bisa lupa lirik. Jadi apa yang keluar di ear monitor setiap orang itu bisa dicustom bisa diatur sesuai dengan kebutuhan setiap orang masing-masing, lalu pertanyaan berikutnya kenapa banyak penyanyi yang suka ngelepasin ear monitornya di tengah-tengah lagi perform, simpel jawabannya "karena pegel bos", iya dong setelah kita manggung Beberapa lama kan kita dengar suara ear monitor kita pasti resah juga, copot aja deh biar lebih lega gitu ya, tapi biasanya penyanyi itu udah memiliki point of reference misalkan awal lagu nih udah tahu kuncinya main DC atau betnya sekian jadi pas tengah-tengah lagu udah tahu gitu, dilepas aja gitu biar legah.

Apakah kamu perlu ear monitor, sebetulnya buat saya itu ear monitor adalah sebuah kemewahan ya karena harganya juga enggak murah. Entar kita lihat harganya berapa tapi kalau kamu sering manggung di panggung outdoor panggungnya besar atau di stadion yang gede, saya sangat menyarankan ear monitor karenanya kalau manggung di panggung gede outdoor ada suara angin kalau main di stadion bola juga ada pantulan balik tembok yang bikin kita nggak nyaman, akan lebih ideal kalau kita menggunakan ear monitor supaya semuanya jelas kedengeran, atau kamu sering manggung di TV misalnya speaker monitor biasa ditanam di bawah panggung supaya di layar TV itu kelihatannya bersih layarnya, mungkin saatnya kita perlu menggunakan ear monitor.

Ada juga sih yang lebih senang enggak pakai kayak gitu terkadang sering gak pakai monitor ya tapi sekali lagi ear monitor banyak banget fungsinya. Ya itu bisa bikin kita nyanyi superpower ya kan, jadi kalau memang ga ada budget-nya bisa nabung ya silakan buat beli. Yang pasti kalau kita manggung di venue kecil ya atau kita akustik kan kalau pengiringnya cuman gitar doang saya rasa nggak perlu yang monitor, kita bisa dengar bocoran dari suara gitar pemain gitar kita atau suara dari speaker tapi yang sepi suasananya yang enggak terlalu berisik kita nggak perlu ear monitor, tapi kembali lagi pada kebutuhan, jadi tergantung dari kebutuhan masing-masing.

Sampai sini, Terima Kasih telah meluangkan waktu untuk Membaca postingan ini sampai habis. Jangan lupa mampir lagi di lain waktu.